Header Ads

Seo Services

Pengertian IP Address Dan Fungsi nya

PENGERTIAN IP ADDRESS
     Sebelum membahas lebih jauh tentang IP Address, ada baik nya kita ketahui dulu apa pengertian dari IP Address itu sendiri. IP Address adalah sederetan angka biner yang menjadi 'alamat' identifikasi dari suatu devices seperti komputer, printer, router, modem,dsb pada suatu jaringan komputer. Namun pada implementasi nya, IP Address tidak ditulis dengan bilangan binner melainkan ditulis dengan bilangan desimal, hal ini mungkin ditujukan supaya lebih mudah dalam penulisan nya. Sebuah IP Address terdiri dari Network ID dan Host ID yang berbeda-beda tergantung dari kelas IP Address tersebut.
    Oleh karena IP Address itu adalah alamat suatu devices pada jaringan, maka dalam penggunaannya, setiap devices pada suatu jaringan komputer harus memiliki IP Address yang bersifat unik atau berbeda dengan perangkat lain pada jaringan tersebut, sehingga devices-devices tersebut bisa terhubung satu dengan yang lainnya. 
 FUNGSI IP ADDRESS
     Fungsi utama IP Address dalam sebuah jaringan komputer yaitu sebagai identitas dari suatu perangkat yang terhubung ke suatu jaringan komputer. Kalau kita analogikan fungsi ini di kehidupan nyata, IP Address ini adalah sebuah 'nomor rumah' pada suatu wilayah tertentu. Apa fungsi dari nomor rumah ? tentu saja sebagai pembeda antara satu rumah dengan rumah yang lain. Apa yang mungkin terjadi apabila suatu rumah memiliki nomor rumah yang sama dengan rumah lain, yang masih berada di wilayah yang sama, atau bahkan rumah tersebut tidak memiliki nomor rumah ? Bisa terjadi 'kebingungan' pada orang yang akan berkunjung ke rumah tersebut bukan ? akibatnya mungkin saja orang itu 'nyasar' . Begitupun dalam konsep jaringan komputer, setiap devices yang ada di jaringan komputer tersebut harus memiliki identitas yang disebut dengan IP Address, identitas ini tentu saja harus bersifat unik atau berbeda dengan devices lainnya, supaya pengiriman data pada suatu jaringan komputer bisa berjalan dengan baik dan tidak 'nyasar'.



Tidak ada komentar